Wednesday 2 March 2016

Nilai ujian nasional digunakan untuk syarat lolos SNMPTN 2016


http://www.snmptn.ac.id.
SNM PTN 2016
Mau lulus snmptn 2016? Tentunya iya. Setelah beberapa bulan menjadi pertimbangan apakah nilai unas dijadikan salah satu factor penentu lolosnya seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN)? Dan jawabannya adalah Iya. Tahun ini nilai unas dijadikan patokan atau pertimbangan untuk pelulusan snmptn 2016. Oleh karena itu, dalam pendaftaran snmptn yang telah dimulai tanggal 29 Februari kemarin, siswa yang memiliki nilai unas bagus memiliki harapan bahwa nilai tersebut bisa mengatrol pilihan ke prodi PTN yang diinginkan.

Dengan demikian, jika pada waktu kemarin ada yang menyatakan kalau nilai unas tidak berpengaruh dalam penentuan masuk PTN maka untuk tahun ini siswa tidak boleh merasa puas hanya dengan nilai rapornya karena para siswa juga harus memiliki nilai unas yang bagus pula,

Unas yang akan diselenggarakan pada tanggal 4 April besok menjadi bahan pertimbangan dalam penerimaan siswa di PTN.maka dari itu nilai ujian nasional dan nilai rapor harus memiliki korelasi yang positif.

Korelasi positif memiliki arti seperti ini, jika nilai raport bagus, maka seharusnya nilai unasnyapun juga baik. Namun jika nilai rapontnya baik tetapi nilai ujian nasionalnya jelek maka korelasinyapun juga tidak bisa positif. Karena pendaftaran SNMPTN dilaksanakan sebelum UNAS maka para siswa harus menyiapkan UNAS dengan sebaik-baiknya karena beberapa pertimbangan diatas.

Walaupun porsi unas tidak teralu tinggi untuk snmptn namun yang lebih diutamakan adalah nilai raport dan indeks integritas sekolah. Tapi para siswa juga harus tetap menyiapkan diri dengan baik yang tidak kalah penting lagi para siswa harus menjaga kejujuran selama ujian berlangsung.  Indeks integrita sekolah adalah salah satu bahan pertimbangan utama snmptn. Semakin tinggi indeks integritas sekolah, semakin tinggi pula peluang calon mahasiswa dari sekolah tersebut untuk diterima. Ranking sekolah berdasarkan indeks integritas dilakukan dalam setiap prodi. Tidak hanya menggambarkan kejujuran pelaksanaan unas disekolah, indeks integritas sekolah juga dapat menunjukkan tingkat kualitas sekolah. Karena penilaian indeks integritas juga dari nilai raport para siswa di sekolahan itu.


Untuk membantu para siswa dalam menentukan pilihan jurusan maka para guru wajib membimbing dan membantu memetakan kemampuan siswa sesuai dengan bakat dan minat mereka agar merek tidak salah dalam memilih jurusan. Selain para guru, para siswa juga harus menurunkan idealismenya karena biasanya siswa hanya menginginkan jurusan yang bagus dan memiliki persaingan yang ketat tetapi mereka tidak mengetahui peluang lolosnya di prodi tersebut seperti apa. Nah, disinilah peranan seorang guru saat membantu para siswa menentukan pilihan jurusan. Misal siswa tersebut menginginkan salah satu jurusan yang peminatnya/pesaingnya terlalu tinggi, maka siswa ini harus diarahkan ke jurusan yang sejenis tetapi beda universitas yang notabene persaingannya tidak terlalu ketat.
Lihat informasi lebih lanjut di laman http://www.snmptn.ac.id.

Baca juga : Pendaftaran SNM PTN 2016

No comments:

Post a Comment