Friday 18 March 2016

6 Manfaat tidur yang cukup dan bangun pada 1/3 malam terakhir untuk kesehatan tubuh

6 Manfaat tidur yang cukup dan bangun pada 1/3 malam terakhir untuk kesehatan tubuh

Manfaat Bangun Pagi, Manfaat Tidur Cukup, Manfaat bangun pada 1/3 malam terakhir
Manfaat Bangun Pagi
Jika pada artikel saya sebelumnya saya menuliskan artikel yang berjudul waktuyang tepat untuk belajar. Nah disini saya akan mencoba memaparkan beberapa manfaat atau keutamaan atau faedah kalau kita bisa bangun dan belajar pada 1/3 malam terakhir.

Kita semua udah pada tau kalau 1/3 malam terakhir itu antara pukul 02:00 -  06:00.kalau temen-temen beragama islam pasti tau bahwasannya pada waktu tersebut adalah waktu yang dianjurkan untuk menunaikan shallat tahajud. Yaa shalat tahajud adalah sholat shunah yang dikerjakan oleh umat islam setelah bangun tidurpada waktu 1/3 malam terakhir dan memiliki keutamaan bisa memudahkan segala urusan kita di muka bumi karena konon katanya pada waktu tersebut doa kita akan cepat sampai. Yaah semoga saya gak salah yaa dan kalian jangan percaya saya percayalah pada sang kuasa. Heheheee
Ok deh disini aku gak akan bahas lebih lanjut tentang sholat tahajud karena bukan porsi saya. Disini saya akan membahas keutamaan jika bangun pada 1/3 malam terakhir tersebut.
Manfaat bangun tidur pada 1/3 malam terakhir untuk kesehatan tubuh dan hasil belajar:

Mengoptimalkan kemampuan kerja otak

Didalam tubuh kita terdapat dua hormon yaitu noradrenalin dan serotonin yanng mempengaruhi konsentrasi. Konsetrasi merupakan kemampuan otak untuk mengingat dan menghafal. Salah satu penyebab konsentrasi kita melemah yaitu ketika kedua hormon ini menurun. Untuk memulihkan kedua hormon ini dapat dilakukan dengan tidur. Seharaian tubuh sudah bekerja secara maksimal tak luput juga dengan otak. Otak kita juga butuh beristirahat itulah sebabnya kita harus tau kapan waktu untuk tidur dan kapan waktu untuk bangun.

Tidak mudah stress dan depresi

Hormon serotoni akan menurun jika kita kurang tidur sehingga akna membuat tubuh kita mudah stress dan depresi. Beberapa dampak negatif kurang tidur adalah meningkatkan kadar hormon stress, membuat tubuh kita mudah tegang, otak tidak dapat berpikir dengan baik, dan lebih mudah depresi. Selain itu tubuh akan mudah emosi atau menjadi lebih emosional. Sebaiknya tidurlah yang cukup dan bangun pada 1/3 malam terakhir untuk sekedar menenangkan tubuh.

Membuat tubuh lebih aktif dan produktif

Tidur dan bangun yang tepat akan membuat tubuh lebih bugar, maka kitapun akan siap untuk melakukan segala aktifitas. Orang yang cukup tidur bisa berpikir dan bekerja dengan lebih giat sehingga hasil pekerjaanpun menjadi lebih  optimal. Dengan tubuh lebih bugar tubuh kita akan menjadi lebih aktif, menghindarkan dari kemalasan, dan lebih kreatif.

Melancarkan peredaran darah

Manfaat bangun pada 1/3 malam terakhir yang pertama adalah melancarkan sistem peredaran darah. Peredaran darah lancar siapa yang tidak mau?? Pas ti semuanya mau  karena hal ini akan berdampak positif terhadap tubuh kita. Saat kita bangun pada pukul tersebut udara disekitar masih bebas dari segala macam polusi. Pada saat itu juga tubuh akan menyerap udara yang masih segar tersebut sehingga aliran darah terasa lebih lancar, dan tentunya juga hal ini akan membuat tubuh kita lebih segar dan lebih relax jika kita gunakan untuk belajar.

Meningkatkan daya tahan tubuh

Manfaat kedua adalah meningkatkan imun tubuh dari berbagai macam penyakit yang menyerang jantung, otak, dan organ tubuh yang lain. Orang yang bangun pada 1/3 malam terakhir berarti dia telah menghentikan kebiasaan tidur yang terlalu lama yanng merupakan salah satu faktor utama penyebab terjadinya penyumbatan pembuluh darah.

1/3 malam merupakan waktu yang tepat untuk mengeluarkan racun

Istirahat tidur merupakan waktu bagi organ tubuh untuk beristirahat dari segala kegiatan di pagi atau siang hari. Saat istirahat malam tubuh kita berhenti dari segala aktifitas dan organ tubuh akan bekerja lebih ringan tetapi sangat baik manfaatnya untuk tubuh. Ya pada saat malam hari organ tubuh akan melaksanakan tugasnya yaitu mengeluarkan racun dari tubuh. Berikut adalah beberapa organ tubuh dan waktu-waktu dari organ tersebut saat mengeluarkan racun.

Waktu
Organ tubuh
Kegiatan
21.00 – 23.00
Kelenjar getah bening
Waktu yang dibutuhkan oleh organ tersebut untuk mengeluarkan racun. Disarankan agar pada pukul tersebut tubuh berada pada kondisis santai dan tidak melakukan pekerjaan agar proses pembuangan racun yang dilakukan oleh organ tersebut lebih maksimal.
23.00 – 01.00
Hati
Pada pukul ini sebaiknya tubah sudah dalam keadaan tidur. Tidur yang berkualitas adalah tidur nyenyak dan pulas agar proses detolsifikasi bisa optimal. Saran agar kita bisa tidur nyenyak dan pulas bersihkan tempat tidur kita, pasang aroma terapi dalam kamar, matikan lampu, dan doa sebelum tidur
01.00 – 03.00
Empedu
Empedu akan bekerja sesuai porsinya pada pukul ini itulah kenapa kita dilarang begadang oleh bang haji rhoma Irama. Hehehee
03.00 – 05.00
Paru-paru
Waktu ini merupakakan bagian dari 1/3 malam terakhir. Tubuh akan mngeuarkan racun dari organ paru-paru. Untuk membantu paru-paru mengeluarkan racun maka sebaiknya kita bangun karena ada oksigen 100% bebas polusi yang baik untuk tubuh kita.
05.00 – 07.00
Usus besar
Bagian terakhir dari tubuh dalam proses pengeluaran racun. Usus besar memiliki andil untuk mengeluarkan zat sisa makanan melalui feses. Disarankan agar tidak menunda BAB karena bisa menimbulkan masalah pencernaan

Kita sudah mengetahui beberapa Manfaat tidur yang cukup dan bangun pada 1/3 malam terakhir untuk kesehatan tubuh masak tidak mau untuk mengaplikasikan untuk diri kita??
Itu tadi beberapa manfaat jika kita bangun pada 1/3 malam terakhir nah untuk para sobat yang seagama dengan saya bisa baca artikel ini tentang keutamaan sholat tahajud yang dilakukan di 1/3 malam terakhir klik disini.
Demikian sekelumit artikel ini semoga bisa membantu dan menjadi bermanfaat.


No comments:

Post a Comment