Tuesday 15 March 2016

5 Kesalahan Mendidik Anak yang sering dilakukan oleh Orang Tua

Kesalahan Mendidik Anak
Assalamualaikum Wr. Wb
Pada artikel kali ini saya akan mencoba menjabarkan beberapa kesalahan orang tua saat mendidik anak. mungkin bisa saja kesalahan inilah yang menyebabkan para buah hati kita tidak bisa menjadi 100% seperti yangkta kehendaki. Dari pada lama-lama mari ita simak tulisan saya yang berikut ini;
Beberapa kesalahan yang seing kita lakukan saat mendidik anak adalah:

#1 – Membiarkan anak  kita belajar sendiri

Kesalahan yang sering sekali kita lakukan adalah, tidak menemani saat buah hati sedang belajar.  Ketika para buah hati dibiarkan belajar sendiri mereka akan merasa kespian karena tidak ada yang menemani. Anak-anak pada usia SD sebenarnya tidak butuh untuk di ajari, tetapi mereka hanya ingin di berikan contoh. Biarkan mereka ber ekspresi dengan kreasinya sendiri. Selain itu, ketika kita menemani para buah hati saat belajar otomatis dia merasa sangat diperhatikan dan merasa senang karena saat belajar mereka memiliki teman, dan itu bisa membangkitkan semangat belajar para buah hati.

#2 – Tidak bisa memberikan contoh yang baik kepada anak

Misalkan kita ambil contoh begini. Kebiasaan para orang tua saat mereka sedang ada dirumah adalah menonton TV padahal pada saat yang sama anak mereka sedang belajar. Otomatis konsentrasi anak akan terganggu Karena suara berisik dari televise dan mereka ingin cepat-cepat menyelesaikan bellajarnya dan ingin segera gabung dengan kita yang sedang asik nonton tv. Nah saran saya pada saat si buah hati sedang asik belajar maka sebaiknya kita harus menghormatinya.

#3 – Menomor duakan kepentingan anak atau buah hati

Kesalahan ketiga ini mengingatkan kepada para orang tua yang sibuk dengan urusannya sendiri. Mereka lebih mementingkan kesibukannya ketimbang menemani para buah hati untuk belajar. Jadi sebagai seorang anak, mereka akan merasa tersisihkan. Kita sebagai orang tua harus benar-benar disiplin, jika sudah ada dirumah maka tujuan kita yang utama adalah untuk keluarga dan terutama untuk anak.

#4 – Memberikan tekanan kepada anak

Cara mendidik anak yang baik salah satunya adalah dengan cara membiarkan para buah hati kita berkreasi sebebas-bebasnya agar kemampuan para anak bisa berkembang sesuai dengan keinginannya. Bahkan ada salah satu tokoh yang mengatakan bahwa dunia anak-anak pada usia 4 – 7 tahun adalah adalah dunia bermain. Jadi jangan paksakan mereka untuk belajar seperi yang kita harapkan. Tetapi dai pernyataan tersebut kita juga tidak boleh untuk membiarkan mereka begitu saja. Lebih baik untuk memanfaatkan momen itu agar anak bisa senang saat bermain dan bisa memperoleh keuntungan yaitu belajar sambil bermain.

#5 – Sering memarahi anak

Sebagai hal yang sudah sepatutnya kita maklumi akan tingkah laku anak yaitu anak-anak pada usia tertentu memang sering membuat kita jengkel salah satunya pada saat anak kita mendapatkan nilai yang kurang bagus saat ulangan di sekolah atau mendapat raport yang kurang baik. Sebagai orang tua kita tidak boleh memarahi anak seolah-olah itu adalah kesalahan mereka. Jika kita sering memarahi anak-anak kita hal itu bisa menimbulkan sifat pendendam pada diri anak-anak kita. Kita tidak mau kan kalau oanak-anak kita nanti tumbuh besar dan dewasa menjadi seorang pendendam? Ya tentunya tidak.
Nah kita sebagai orang tua memang menginginkan hal yang terbaik untuk anak kita tetapi kita sebagai orang tua juga harus mendukungnya dengan cara-cara yang tepat. Agar lebih mantab lagi coba baca artikel saya berikut ini yang berjudul cara membangkitkan semangat belajar anak.

#6 - Memukul Anak 

Memukul anak sangat tidak di anjurkan oleh siapapun. memulkul anak hanyakan membrikan dampak jera kepada anak tetapi tidak melatih mentalnya menjadi lebih baik. sebagai contoh seperti ini. ketika kita menyuruh sesuatu kepada anak kita untuk dikerjakan tetapi hasil pekerjaannya tersebut kurang memuaskan maka kita hanya bisa memarahi dan memukul agar lain kali Tidak mengulangi kesalahna itu lagi. Pada saat itu juga anak akan mematuhi apa yang kita inginkan tetapi tidak untuk hari-hari berikutnya. Anak-anak akan tau rasanya ketika melakukan kesalahan yang sama dan selanjutnya dia malah kurang respect terhadap kita. Alangkah aiknya kalau kita memberikan nasihat dan arahan yang benar sebelum menyuruh anak kita melakukan sesuatu.


Sekian artikel kali ini tentang kesalahan yang sering dilakukan oleh orang tua saat mendidik anak. Semoga bisa menjadi nasihat dan semoga bisa bermanfaat. Aamiin. Sekian dan terima kasih.

No comments:

Post a Comment