Monday 21 March 2016

Kriteria Guru yang Baik Agar Disukai Murid

kriteria guru yang Baik, guru yang disukai Murid
Kriteria Guru yang Baik Agar Disukai Murid
Guru yang baik
Hello para sobat pengajar yang budiman.
Pada artikel kali ini, PIXMA mau mencoba menyampaikan beberapa hal yang tidak boleh kita lakukan di dalam kelas saat mengajar.
Oke, langsung kita mulai saja pembahasannya…
Pertama #1
Guru tidak boleh bersendekap atau mengikat tangan di belakang badan.

Kedua #2
Guru tidak boleh memasukkan tangan pada saku celana, baik kedua tangan maupun satu tangan saja. Kenapa ini tidak boleh dilakukan oleh para sobat pengajar? Karena, ketika guru memasukkan tangan ke dalam saku celana mereka guru akan terkesan angkuh. Jadi lebih baik gunakanlah tangan anda agar gesture (gerakan tubuh) anda lebih menarik.

Ketiga #3
Tidak boleh menutupi pandangan siswa. Maksudnya, saat menulis di papan tulis maka posisi guru yang baik yaitu ada disebelah kiri atau kanan dari tulisan. Tidak tepat di depan papan tulis karena ini dapat menghalangi pandangan siswa.

Keempat #4
Guru harus aktif atau tidak boleh hanya duduk di kursi guru. Saat berada di dalam kelas dan saat memberikan materi pelajaran kepada para siswa, guru sebaiknya lebih terlihat aktif. Misalkan, guru memperagakan materi yang sedang diajarkan atau keliling di dalam kelas.

Kelima #5
Guru tidak boleh melakukan kekerasan. Ketika ada salah satu siswa yang melakukan kesalahan sebaiknya guru tidak memberikan hukuman berupa kekerasan seperti, menjewer, memukul, atau memberi hukuman fisik yang lain. Karena ini dapat menyebabkan rasa dendam oleh siswa.


Mungkin itu saja, lima hal yang TIDAK patut kita lakukan di dalam kelas saat mengajar. Semoga artikel ini bermanfaat dan kita menjadi pengajar yang lebih baik. J J J .

1 comment:

  1. memang tidak mudah menjadi seorang panutan seperti seorang guru les privat ke rumah harus banyak belajar memahami kondisi lingkungan maupun siswa, thanks artikelnya

    ReplyDelete