Wednesday 23 March 2016

Tips mendidik anak

10 nilai yang dapat ditanamkan pada anak agar tidak terjebak gaya hidup hedonis
tips mendidik anak, nilai yang harus ditanamkan untuk anak, cara mengajari anak
Nilai yang dapat ditanamkan pada anak agar tidak bergaya hidup hedonis

Era globalisasi memang wajib kita ikuti, salh satunya adalah life style dalam mendidik anak agar tidak terlalu menggantungkan terhadap duniawi saja. Artikel kali ini akan membahas tips mendidik anak agar tidak terjebak dalam gaya hidup hedonis. Langsung disimak saja tips-tips berikut.

Dekatkan diri kepada tuhan

Setiap agama mengajarkan dan menunjukkan kita sebagai umatnya kejalan yang terang, oeh sebab itu didiklah mereka agar lebih mendekatkan diri kepada tuhan supaya mereka benar benar menjalankan perintahNya dan tidka mudah tergoda oleh iming-iming kenikmatan dunia.

Biasakan hidup sederhana

Tidak perlu hidup mewah karena kesederhanaan adalah awal  dari kebahagiaan. Maka dari itu ajaklah anak-anak kita untuk senantiasa mensyukuri kehidupan ini termasuk hidup sederhana. Hidup tidak melulu soal kemewahan tetapi mensyukuri segala nikmat adalah kuncinya. Dengan menerapka pola hidup sederhana kita akanmenjauhkan diri dari sikap tamak dan serakah.

Hard work atau bekerja keras

Membiasakakn diri untuk bekerja keras akan melatih mental kita. Bahwa dalam hidup itu memang wajib hukumnya bagi seseorang untuk bekerja keras untuk mencapai apa yang di inginkan. Ajarkanl;ah mereka untuk bekerja keras karena bekerja adalah salah satu bentuh ibadah kepadaNya.

Perilaku hidup Hemat

Sifat manusia adalah konsumtif, arahkanlah anak-anak kita untuk tidak menghambur-hamburkan uang untuk keperluan dunia semata arahkanlah mereka untuk mengkonsumsi sesuatu yang benar-benar bermanfaat untuk dirinya atau orang lain.

Jangan selalu menuruti segala keinginannya

Jangan menuruti segala permintaan yang dilontarkan anak, karena hal itu hanya akan membuat mereka memiliki sifat manja.

Senantiasa bersyukur

Mensyukuri segala nikmat karunianya ajarakan anak-anak untuk meliohat keatas untuk tetpa bekerja keras dan ajarkanlah untuk melihat kebawah untuk bersyukur. Dengan bersyukur kiota akan menjadi privadi yang lebih rendah diri.

Berhati-hati dalam memilih teman

Kepribadian seoraang anak dipengaruhi oleh lingkungan sekitarnya, salah satu faktor yang sangat berpengaruh adalah keberadaan seorang teman. Jadi pandai-pandailah kita untuk memililhkan teman baik untuk anak kita.

Biasakan anak-anak agar tidak bergantung terhadap harta

Hidup memang membutuhkan uang dan harta benda lainnya, tetapi semua itu bukanlah segalanya yang terpenting adalah kebahagiaan sejatiyang datang dari hati yang merasa tentram dan keluarga yang bahagia.

Mengajarkan kepada anak agar tidak mudah iri terhadap orang lain

Ajarkan kepada  mereka bila mereka memang benar-benar menginginkan hal tersebut anjurkanlah mereka agar bekerja keras untuk bisa mendapatkannya

Berikan contoh yang baik melalui teladan ada

Anak-anak dapat dengan mudah menirukan apa saja yang dia lihat. Karena itu, berikanlah mereka contoh perbuatan yang baik supaya mereka termotivasi untuk melakukan hal yang sama. Artikel lebih lengkap tentang memberikan contoh yang baik bisa anda lihat disini.


Tips mendidik anak kali ini saya coba tuliskan agar bisa di aplikasikan oleh ayaah bunda. Sekian artikel kali ini semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment