Wednesday 16 March 2016

Tipe belajar siswa dan Media Belajar yang Cocok Untuk Mereka

Tipe Belajar Siswa

Setiap anak memiliki tipe belajar yang berbeda-beda sehingga diperlukan cara mengajar yang cocok agar mereka mampu menerima pelajaran lebih baik saat belajar dirumah.
Tipe belajar anakk dibedakan menjadi 3 macam yaitu Visual, Auditory, dan Kinestetic. Dari ketiga tipe tersebut masing-masing memiliki karrakter tersendiri. Seperti apa? Berikut penjelasannya.

1. Visual

Tipe Belajar Visual
Anak dengan tipe belajar visual bisa menyerap pelajaran yang baik dengan melihat. Anak dengan tipe ini lebih suka membaca dan melihat gambar. Coba perhatikan tingkah laku anak anda saat belajar dirumah. Jika mereka lebih banyak membaca, tertarik pada gambar, diagram, tabel atau grafik kemungkinan tipe belajar anak anda adalah visual. Jika anak anda ada pada kategori ini bisa disarankan saat belajar agar menandai bagian-bagian yang penting dari bahan ajar dengan menggunakan warna yang berbeda atau menggantikan kata-kata menjadi symbol jika perlu. Nah untuk membantunya belajar dirumah sediakan beberapa media belajar berikut sebagai komponen penunjang agar di lebih tertarik belajar.
Media belajar yang dapat diberikan untuk menunjang anak visual adalah sebagai berikut;
a.       Papan tulis
b.      Media gambar, video, poster, flow chart, grafik dan sebagainya
c.       Buku yang banyak mencantumkan diagram atau gambar
d.      Symbol-simbol visual

Baca juga : ciri-ciri tipe belajar siswa

2. Auditory

Tipe Belajar Auditory
Anak dengan tipe belajar auditory lebih mudah menerima pelajaran saat mereka mendengar penjelasan dari guru atau sumber belajar lain di sekelilingnya. Ketika anak kita malas untuk membaca tetapi lebih memilih untuk  mendengarkan penjelasan maka dapat disimpulkan anak anda memiliki tippe belajar auditory.
Anak dengan tipe auditory lebih mudah menangkap informasi dari apa yang mereka dengar. Kebanyakan dari mereka  bahkan merasa lebih nyaman saat belajar sambil mendengarkan alunan musik.
Beberapa  strategi yang bisa dilakukan agar mendapat hasil yang lebih maksimal dari cara belajar anak bertipe auditory yaitu sarankan kepada anak untuk menambahkan informasi yang didapat dengan cara berbicara dengan orang lain dan mengumpulkan catatan dari buku. Karena anak auditory cenderung suka terhadap suara maka disarankan untuk merekam ringkasan dari catatan yang dibuat lalu sering-sering didengarkan kembali.
Jika anak anda termasuk pada tipe ini maka anda bisa memberikan perangkat media player yang dilengkapi dengan audio recorder dan untuk menunjang aktifitas belajarnya anda bisa mengundang guru les privat untuk menemani belajarnya.
Media belajar atau cara belajar yang dapat diberikan untuk menunjang anak Auditory adalah sebagai berikut;
a.       Menghadiri kelas
b.      Diskusi
c.       Membahas suatu topic bersama dengan teman
d.      Membahas suatu topic bersama dengan guru
e.      Menjelaskan ide-ide baru kepada orang lain
f.        Menggunakan perekam
g.       Mengingat cerita, contoh atau lelucon yang menarik
h.      Menjelaskan bahan yang didapat secara visual (gambar, power point dsb)

3. Kinestetik

Tipe Belajar Kinestetik
Kinestetik berasal dari kata kinetik atau dalam bahasa indonesia memiliki arti gerak. Anak dengan tipe belajar ini biasanya lebih proaktif saat belajar.ada yang mengatakan bahwa anak kinestetik dapat menerima informasi seperti aak auditory dan visual. Tetapi anak kinestetik lebih suka mempraktekkan langsung sehingga dia akan memperolah pengalaman dari apa yang telah mereka praktekkan.
Anak tipe ini cenderung tidak bisa diam dan mereka tertarik mencari sendiri hal-hal yang ingin mereka ketahui. Untuk menunjang belajarnya kita sebaiknya memberikan contoh sehingga anak kita mampu memahami dengan lebih baik.
Media belajar atau  cara belajar yang dapat diberikan untuk menunjang anak kinestetik adalah sebagai berikut;
a.       Menggunakan seluruh panca indera : penglihatan, sentuhan, pengecap, penciuman, pendengaran
b.      Laboratorium
c.       Kunjungan lapangan
d.      Pembicara yang memberikan contoh kehidupan nyata
e.      Pengaplikasian
f.        Pameran, sampel, fotografi
g.       Koleksi  berbagai macam tumbuhan, serangga dan sebagainya

Ketiga tipe tersebut adalah tipe belajar yang umum dikategorikan. Selamat membaca dan semoga bermanfaat.


No comments:

Post a Comment