Friday 4 March 2016

Apa yang dimaksut dengan Indeks Integritas Sekolah? Apa saja yang mempengaruhi?

Assalamualaikum Wr. Wb

Baik teman teman semua dimanapun anda berada, pada artikel kali ini saya ingin menjelaskan beberapa hal yang berkaita dengan indeks integritas sekolah. Kita khususnya sebagai murid yang saat ini akan menghadapi ujian nasional dan akan masuk PTN maka kita mungkin bertanya-tanya apa sih indeks integritas sekolah itu? Lalu bagaimana kita mengetahui indeks integritas itu sendiri? Dan apa hubungannya dengan snmptn tahun ini? Secarakan pada tahun ini pendaftaran seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNM PTN) kan juga mempertimbangkan nilai indeks integritas dari sekolah tempat kita belajar. Jadi kita harus tau tuh berapa sih sebenernya indeks integritas sokolah tempat kita belajar. Ah dari pada bingung-bingung dan biar gak lama-lama mari kita simak beberapa penjelasan dari saya berikut ini.

Apa yang dimaksut dengan indeks integritas sekolah?

Ok, yang pertama kita mulai dari definisi indeks integritas sekolah. Apa sih sebenernya indeks integritas sekolah itu? Jadi gini sobat pelajar indeks integritas sekolah itu merupakan  sebuah nilai yang dimiliki oleh suatu sekolah dalam hal kejujuran saat melaksanakan ujian berlangsung. Semakin tinggi indeks integritas sekolah maka itu akan memiliki pengaruh positif pula untuk kita semua, karena untuk masuk perguruan tinggi tahun ini ada dua hal yang bisa menjadi bahan pertimbangan yaitu nilai unas, nilai raport, dan indeks integritas sekolah. Semakin tinggi indeks integritas sekolah kita maka kita memiliki modal yang cukup besar untuk lolos di suatu jurusan di PTN yang kita inginkan. Nah lalu bagaimana agar sekolahan kita memiliki indeks integritas sekolah yang baik? Ok jangan pindah tab dulu mari kita simak paragraf selanjutnya ini. Let’s check this out…

Bagaimana agar sekolah kita memiliki indeks integritas yang baik?

Indeks integritas dapat diartikan sebagai nilai hasil kejujuran kita saat melaksanakan ujian nasional. Jadi cara yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan indeks integriotas sekolah kita adalah berlaku jujur saat ujian berlangsung. Kita harus menjunjungt tinggi semboyan mencontek  tidak asik, cari bocoran tidak asik, kerjasama dengan teman tidak asik, dan kerja mandiri itu menyenangkan. Nah itu adalah beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk mendongkrak indeks integritas sekolah kita. Karena begini lho teman teman, mungkin sebagian dari kita ada yang bertanya seperti ini. Kog mereka bisa tau kalau kita nyontek? Kog mereka bisa tau kalau kita punya bocoran? Nah gini niii penjelasannya, sistem pendidikan kita inikan udah semakin canggih, bisa aja dalam suatu kelas dipasang kamera CCTV atau memiliki pengawas yang super ketat , dari situlah kejujuran kita bisa diketahui. Tetapi sebenarnya kita juga harus mengetahui bahwa pemerintah dalam menentukan indeks integritas sekolah ini melalui pola jawaban kita. Maksutnya pola jawaban yang diberikan oleh teman-teman kita saat ujian itu. Kalau misalkan jawaban kita memiliki pola yang hampir mirip antara satu siswa dengan siswa yang lain maka itu akan mengindikasikan bahwa kita tidak jujur. Tetapi itu tidak usah dijadikan masalah yang terpenting kita harus menyiapkan diri dengan sebaik-baiknya untuk menghadapi UNAS tahun ini. Pertanyaan selanjutnya yang berkaitan dengan integritas sekolah ini adalah, apa Cuma hasil unas saja yang menentukan indeks integritas suatu sekolah? Ok mari kita lanjut duluuuu keparagraf saya yang selanjutnya.. cuusssss

Apakah hanya hasil nilai UNAS saja yang menjadi tolak ukur indeks integritas sekolah?


Tidak, indeks integritas sekolah bukan hanya dilihat dari nilai ujian nasional saja tetapi tolak ukur untuk menentukan indeks integitas sekolah bisa ditentukan dari rekam jejak alumni di PTN, hasil akreditasi sekolah serta pelaporan penggunaan dana BOS juga akan di pertimbangkakan. dengan demikian, hasil penilaian yang dilakukan pun akan lebih objektif dan benar-benar mencerminkan integitas sekolah tersebut. 

Seperti yang telah saya tuliskan pada artikel saya yang sebelumnya yaitu nilai unas menjadi syarat lolos SNM PTN 2016 jadi kita haru benar-bnar mempersiapkan diri dan juga sekolahan kita agar bisa sama-sama bekerjasama untuk mendapatkan hasil yang terbaik. kenapa hal itu harus kita lakukan karena ketiga hal tersebut memang memiliki kaitan yang sangat erat misal begini. Hasil UNAS kita mendapatkan nilai yang bagus tetapi indeks integritas sekolahan kita kurang baik maka hal itu pula yang akan menjad bahan pertimbangan lebih lanjut. jadi ketiga hal tersebut harus memiliki perbndingan yang setara.

3 comments:


  1. Wow! Great post! The content is very rich, and I really like it. It help me very much to solve some problems. It is very helpful for all the people on the web. Thanks a lot.
    Integritas Solutions

    ReplyDelete
  2. Makasih kak, penjelasannya mudah dimengerti

    ReplyDelete