Tuesday 22 March 2016

Cara Mengajar Les Privat agar Guru Disukai Oleh Siswa

Cara Mengajar Les Privat agar Guru Disukai Oleh Siswa

Guru yang baik, guru teladan, guru yang ideal, dan Guru yang disukai siswa. Ketiga hal tersebut memanglah dambaan oleh semua murid atau guru itu sendiri. Beberapa hal tersebut berhubungan dengan artikel saya kali ini. Ketig hal itu juga yang sampai saat ini masih menjadi masalah yang dialami oleh para siswa, mereka kadang susah sekali menemukan guru dengan kriteria seperti ketiga hal itu.
Menurut pengalaman saya untuk mengatasi masalah ini saya akan mencoba beberapa trik yang pernah saya lakukan dan saya praktekkan kepada siswa saya dan Alhamdulillah trik tersebut berjalan dengan lancar dan akhirnya siswa saya senang dengan cara saya mengajar.
Awalnya alasan saya menulis artikel ini karena banyaknya pertanyaan yang datang ke lembaga saya, yaitu  PIXMA LES PRIVAT JEMBER nama lembaga saya bekerja. Lembaga tempat dimana saya bekerja adalah lembaga bimbingan belajar yang menerapkan sistem privat dalam proses pembelajarannya. Dari beberapa tentor yang ada banyak mengeluh kepada saya, mereka bilang bahwa siswa yang dilesin kurang begitu nyaman dengannya lalu bertanya bagaimana ya solusinya??
Solusi yang pernah saya terapkan adalah sebagai berikut;

Berikan pencitraan yang baik kepada orang tua dan murid

Saat pertama kali datang kerumah murid, perkenalkan diri anda se elegan mungkin. Tunjukkan bahwa kalian adalah guru terbaik sepanjang masa. Ngobrollah yang sopan, humoris, berikan senyuman lebar, dan tunjukkan kewibawaan kalian sebagai seorang guru. Insya Allah calon murid dan orang tua akan terkesima dengan cara Anda seperti itu.

Datanglah tepat waktu

Datang tepat waktu berhubungan dengan kedisiplinan. Guru adalah sosok suri tauladan yang baik setelah orang tua mereka sendiri. Jadi saat kalian sedang ada jadwal les maka datang lah teepat waktu atau jangan molor. Jika memang ada halangan dijalan atau sebelum berangkat alangkah lebih baiknya kalau kalian memberikan kabar terlebih dahulu kepada siswa atau orang tua agara mereka tidak negatif thingking kepada teman-teman.

Jalin komunikaasi yang harmonis antara orang tua, murid, dan Anda

Komunikasi yang harmonis akan memudahkan kita dalam melaksanakan proses pembelajaran. Kita sudah tidak canggung-canggung saat mengajar. Selain itu kita juga tidak sungkan-sungkan ketika kita ingin curhat kepada walimurid tentang perkembangan murid. Karena masalah yang sering dialami oleh tenor adalah mereka kurang dekat dengan murid ataupun orang tua sehingga mereka terkesan kaku.

Persiapkan materi sebelum berangkan ngelesi

Bahan ajar wajib dipersiapkan oleh para guru agar pada saat proses belajar dimulai tidak bingung hari ini mau bahas apa. Jadi lebih baik dipersiapkan terlebih dahulu dari rumuah atau kost. Mempersiapkan materi juga bisa menolong para guru kalau siswanya bertanya soal-soal yang sulit kepada mereka. Agar tidak malu-maluin dan bisa menjawab semua pertanyaanya maka persiapkan materinya matang-matang.

Bekerjasamalah dengan orang tua

Pada saat mengikuti les privat, keberhasilan siswa memang sepenuhnya menjadi tanggung jawab guru, tetapi mereka sebenarnya masih memiliki orang tua yang harus mengawasi anak-anaknya belajar saat tidak ada jadwal les. Jadi para tentor meminta tolong kepada orang tua agar tetap mengawasi dan menyuruh anak-anakny tetap belajar walaupun tidak ada jadwal les.

Berpenampilanlah yang rapi

Guru merupakan singkatan dari di gugu lan di tiru. Sudah sepatutnya seorang guru berkapaian rapi saat mengajar muridnya. Ga pantes dong kalau kita berangkat ngelesin masih mengenakan pakaian compang-camping. Karena teman-teman berpakaian rapi setidaknya murid anda memiliki fikiran ” wow guruku ini benar benar rapi yaa, rajin pula, berangkat ngelesin udah nyiapin materi, datang gak pernah terlambat, jadi makin semangat deh belajarnya” ibaratnya aja seperti itu.

Berikan follow up atau berikan PR kepada siswa

PR yang diberikan saat les berbeda dengan PR yang diberikan di sekolahan. Tujuan pemberian PR pada saat les agar mereka tetap mempersiapkan diri sebelum memulai belajar. Pengalaman yang pernah saya alami yaitu saat les, murid saya tidak mempersiapkan diri sama sekali akhirnya malah saya sendiri yang harus bekerja keras agar dia bisa menerima materi yang akan saya ajarkan.

Ambil hati murid kalian

Ambil hatinya lalu dimakan, hehehe bukan itu mkasud saya. Maksudnya tu begini kalau teman-temen udah bisa mengambil hatinya murid jadi proses belajarnyapun nanti akan lebih santai. Karena terlanjur jatuh cinta alhasil murid teman-teman tidak mau kalau tentornya diganti dengan yang lain. Cara menganmbil hati murid salah satunya yaitu dengan cara ajak dia ngobrol, ajak curhat, berikan makanan, atau apalah yang sekiranya bisa membuat senang murid.

Berikan bimbingan secara pelan-pelan dan berulang

Sebagai seorang guru wajib hukumnya memiliki sifat sabar. Murid kita adalah raja kita, kita harus melayaninya dengan maksimal. Berikan arahan dan bimbingan secara pelan-pelan. Jika mereka belum mengerti mka ulangilah sampai mereka bisa dan tidak boleh menampakkan wajah kesal atau jengkel karena murid kita lama bisanya. Stay cool keep calm and lets teach.


Berikut adalah beberapa trik yang pernah saya lakukan selama kurang lebih 2 tahun menjadi seorang guru les privat dan Alhamdulillahnya murid saya tidak ada yang komplain dengan cara saya mengajar dan hingga 2 tahun juga saya tetap menjadi guru les privat nomor satu dimata mereka. Sekian tips dari saya semoga bermanfaat. JJJJ

No comments:

Post a Comment