Wednesday 23 March 2016

Tips Mengajarkan Anak Bersosialisasi

18 Tips Mengajarkan Anak Bersosialisasi Dengan Baik Di Lingkungan Sekitar

tips mendidik anak, tips mengajari anak, cara mendidik anak, cara mengajari anak, cara anak bersosialisasi
tips mengajarkan anak bersosialisasi
Kemampuan bersosialisasi sebaiknya diajarkan sejak dini. Terdapat 18 tips mengajarkan anak bersosialisasi dengan baik di lingkungan ia tinggal. Tips ini saya dapatkan dari hasil pengamatan saya terhadap anak-anak yang tinggal disekitar tempat saya tinggal. Coba lakukan 18 hal ini untuk melatih dan mengembangkan kemampuan bersisialisasi anak.
  1. Suasana keluarga yang terbuka. Ajaklah anak Anda berkomunikasi tentang berbagai aktivitas Anda sendiri atau aktivitas mereka.
  2. Mengerjakan suatuhal secara bersama-sama. Dengan cara ini anak-anak akan mampu mengembangkan kemampuan sosialnya termasuk kerjasama, negosiasi, dan gotong royong.
  3. Berikan waktu khusus untuk bermain. Undang sanak saudara atau tetangga seusianya untuk diajak bermain bersama.
  4. Kenalkan anak untuk mengenal lingkungan lebih jauh. Hindarkan anak terhadap rasa takut untuk bersosialisasi karena memiliki dampak buruk klik disini. Mengenalkan anak kepada lingkungan akan membuat mereka tidak merasa asing didalam lingkungan yang terdapat banyak orang, dan ini akan membuat mereka lebih percaya diri.
  5. Kenalkan anak-anak dengan orang yang kita kenal. Semakin banyak kenalan maka anak akan merasa banyak teman dan bisa jadi bisa membangkitkan perasaan senang.
  6. Jangan larang anak kita bermain, karena dengan bermain anak-anak akan sangat dengan mudah akrab dengan orang lain.
  7. Ajak si buah hati bermain peran. Permainan peran akan membuat mereka berpikir bahwa cara ini merupakan cara yang menyenagkan dan mereka bisa belajar berkomunikasi.
  8. Berikan dukungan agara anak  dapat beraktifitas dalam kelompok, semakin banyak beraktivitas dalam kelompok dipercaya dapat meningkatkan atau membantu anak untuk mengasah bakatnya.
  9. Berlatihlah melakukan sejumlah ekspresi wajah dengan membuka majalah
  10. Bermain sambil belajar. Hal yang paling disukai anak-anak adalah bermain maka dari itu kita dapat melatih anak dengan mengajaknya bermain.
  11. Lakukan permainan lomba saling menatap dengan orang tua. cara ini bisa mengajarkan pada mereka bagaimana mempertahankan pandangan orang lain.
  12. Berikan contoh yang baik. Tips ke – 12 ini seperti artikel saya yang berjudul berikan contoh yang baik kepada anak. Salah satu manfaat dengan memberikan contoh yang baik maka anak akan termotivasi untuk melakukan hal baik pula.
  13. Bangkitkan rasa percaya diri anak dengan mengenali karakter diri dari anak kita.
  14. Berikan anak pengetahuan tentang etika bergaul. Pelajaran ini sangat penting karena tanpa mengetahui batasan-batasannya bisa-bisa anak kita salah dalam bergaul.
  15. Perhatikakn anak saat mereka berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya agar dapat membantu Anda untuk memahami perkembangan perilaku anak.
  16. Berikan ruang berekspresi kepada anak agar ia dapat menunjukkan bakat serta minatnya. Berikan dukungan dan arahan sesuai apa yang dia kehendaki.
  17. Beritahu pada anak anda tentang arti penting dari mempunyai banyak teman.
  18. Jangan terlalu protektif pad aanak, biarkan mereka berekspresi secara bebas. Terlalu mengekang malah dapat berakibat buruk terhadap perkembangan anak salah satu dampaknya adlaah depresi.
Baca lebih lanjut : tips mendidik anak agar tidak terjebak gaya hidup hedonis

Demikian 18 tips mendidik anak dalam menunjang kemampuan bersosialisasinya. Semoga bermanfaat dan terima kasih. 

No comments:

Post a Comment