Ciri-ciri tipe belajar siswa “ Visual, Auditory, dan Kinestetik”
Tipe Belajar Siswa |
Pada artikel sebelumnya yang berjudul tipe belajar siswa telah kita ketahui
bahwa terdapat 3 tipe belajar yang umum diketahui oleh khalayak ramai yaitu
Visual, auditory, dan kinestetik. Pada artikel kali ini saya akan mencoba
menjelaskan lebih kompleks lagi mengenai ciri-ciri dari masing-masing tipe
belajar siswa tersebut. Apa saja ciri-ciri dari masing-masing tipe belajar
tersebut? Mari kita simak tulisan saya yang berikut ini.
1. Ciri-ciri belajar anak visual
·
Cara berbicara yang lebih cepat
·
Mementingkan penampilan untuk performance
·
Keributan kecil tidak mudah untuk mengganggu
konsentrasinya
·
Lebih tertarik membaca sendiri daripada
dibacakan
·
Memiliki kemampuan membaca cepat dan lebih
tekun
·
Tahu apa yang harus dikatakan, tetapi tidak
pandai menggunakan diksi atau pilihan kata yang kurang tepat
·
Kurang suka terhadap pidato dan lebih memilih
demonstrasi
·
Seni yang paling disukai adalah musik
·
Kemampuan mengingat yang kurang bagus terhadap
instruksi verbal kecuali jika ditulis dan seringkali meminta bantuan orang
untuk mengulanginya.
2. Ciri-ciri belajar anak auditory
·
Pada saat bekerja suka berbicara kepada diri
sendiri
·
Tidak suka keributan karena mudah terganggu
dengan keributan kecil
·
Terdapat gerakan bibir saat membaca buku
·
Cenderug suka membaca dengan keras dan
mendengarkan
·
Dapat mengulangi kembali dan menirukan nada,
perubahan dan warna suara
·
Lebih suka mengucapkan secara lisan daripada
menulis
·
Berbicara dalam irama yang terpola
·
Lebih suka musik daripada seni gambar
·
Belajar dengan mendengarkan dan mengingat apa
yang didiskusikan daripada yang dilihat
·
Suka berbicara, suka berdiskusi dan
menjelaskan sesuatu dengan lebih detil
·
Lebih suka gurauan lisan daripada membaca
komik
·
Mempunyai masalah dengan pekerjaan-pekerjaan
yang melibatkan visualisasi
·
Lebih pandai mengeja dengan keras daripada
menuliskannya
·
Auditory adalah pembicara yang fasih
3. Ciri-ciri belajar anak kinestetik
·
Suka
menyentuh segala sesuatu yang dia jumpai
·
proaktif
·
memanfaatkan
tangan untuk mengerjakan segala sesuatu
·
Memiliki
koordinasi tubuh yang baik
·
Alat
bantu yang cocok adalah objek atau benda nyata
·
Suka
mempelajari hal-hal yang abstrak (symbol matematika, peta dsb)
·
Mengingat
secara baik bila secara fisik terlibat aktif dalam proses pembelajaran
·
Menikmati
kesempatan untuk menyusun atau menangani secara fisik materi pembelajaran
·
Sering
berusaha membuat catatan hanya untuk menyibukkan diri tanpa memanfaatkan hasil
catatan tersebut
·
Tertarik
pada penggunaan computer
·
Mengungkapkan
minat dan ketertarikan terhadap sesuatu secara fisik dengan bekerja secara
antusias
·
Sulit
apabila diminta untik berdiam diri atau berada disuatu tempat untuk beberapa
lama tanpa aktifitas fisik
·
Sering
bermain-main dengan benda disekitarnya sambil mendengarkan atau mengerjakan
sesuatu
Dari ketiga ciri-ciri diatas kita bisa
dengan mudah mengetahui anak kita termasuk pada kategori yang mana.
No comments:
Post a Comment