Wednesday 2 March 2016

Pendaftaran SNMPTN 2016

Tepat memilih Prodi, peluang LOLOS semakin Besar

http://www.snmptn.ac.id.
SNM PTN 2016

29 Februari 2016, Ya dua hari kemarin merupakan hari pertama pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Masa periode pendaftaran SNMPTN tahun ini dimulai tanggal 29 Februari – 12 Maret 2016.

Untuk urusan pilihan Program Studi (Prodi) tidak bisa dianggap remeh karena, dengan memilih podi yang tepat maka akan memungkinkan memperbesar peluang lolos untuk masuk di prodi tersebut dengan tanpa tes tulis.

Pada tahun ajaran ini system penerimaan mahasiswa baru jalur SNMPTN ini mengacu pada raport dan indeks integritas sekolah. Selain kedua hal tersebut, saat pendaftaran nanti, calon mahasiswa harus memeriksa tingkat persaingan dalam snmptn tahun 2015 kemarin. Potensi diterima di suatu fakultas di Universitas ternama akan semakin besar ketika calon mahasiswa memelih prodi yang tepat. Salah satu contohnya begini, kita akan memiliki peluang besar diterima di sala satu prodi jika prodi tersebut memiliki peminat yang tidak terlalu padat plus nilai rapor dan indeks integritas sekolah asalnya tinggi.
Peluang diterima di suatu prodi yang peminatnya padat bagi siswa yang memiliki nilairapor dan indeks integritas sekolah tinggi masih terbuka lebar. Bagitu pula sebaliknya jika nilai rapor dan indeks integritas sekolah rendah, maka potensi lulus di prodi yang ramai peminatnya semakin kecil. Solusi untuk masalah ini yaitu, para guru sebaiknya memberikan gambaran dan bantuan kepada siswa agar tetap realistis dalam menentukan prodi untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.

Selain beberapa hal di atas, para guru juga jangan lupa untuk mengingatkan kepada para siswa agar tidak membiasakan diri mendaftar snmptn pada masa-masa akhir periode pendaftaran. Halini sesuai dengan pesan yang disampaikan oleh coordinator kelompok kerja (pokja) Humas snmptn 2015. Beliau mengatakan, panitia nasionalsudah siap membuka pendaftaran termasuk mengantisipasi kejadian internet lola (loading lambat). Beliau juga menjelaskan, jika para pendaftar mendaftar menjelang penutupan maka akses pendaftarannya bisa saja terganggu karena akses input data ke server telah padat. Jadi pada masa periode pendaftaran tanggal 29 Februari – 12 Maret harus benar-benar dimanfaatkan oleh para pendaftar. Sebelum periode pendaftaran ditutup dan sebelum pengumuman kelulusan snmptn tanggal 10 Mei 2016.


Fitur tambahan yang telah disediakan oleh panitia yaitu fitur rekam jejak peminatan prodi SNMPTN tahun lalu di website pendaftaran. Dengan demikian, pendaftaran bisa menimbang-nimbang untuk memiliki prodi yang tepat di fakultas yang tepat dan di kampus yang tepat.

Baca juga : Nilai Unas digunakan untuk syarat lolos SNM PTN

No comments:

Post a Comment