Friday 18 March 2016

4 Waktu yang Tepat untuk Belajar

4 Waktu yang Tepat untuk Belajar

waktu belajar yang tepat, manajemen waktu belajar
Waktu Belajar yang Tepat
Ngomong-ngomong soal belajar nih pasti kita punya tips belajar dan cara belajar efektif tersendiri untuk memaksimalkan hasil belajar kita. Tentunya kita juga udah bisa menentukan kapan waktu yang tepat untuk belajar, yaaah mengapa kita harus mengetahui kapan waktu yang tepat untuk belajar agar kita lebih bersemangat dan lebih berkonsentrasi.
Sebenernya kapan aja kita mau belajar itu sah-sah aja dan gak bakal ada yang ngelarang. Tetapi disini aku mau sedikit curhat ttg kapan aja waktu yang tepat untuk belajar. Aku udah pernah praktekkan sejak aku SMA hingga kuliah. Oke dah langsung aja disimak artikel saya yang berjudul 4 waktu yang tepat untuk belajar berikut ini.

Pagi hari setelah subuh atau sebelum berangkat sekolah

Pagi hari adalah salah satu waktu yang tepat bila kita gunakan untuk belajar. Kenapa?? Karena suasana dipagi hari yang masih sejuk. Oksigen baru pada keluar dan bebas kita hirup. Itu akan membuat tubuh kita semakin relax untuk belajar.
Selain itu belajar diwaktu subuh akan menghindarkan kita dengan yang namanya telat bangun, terlambat datang kesekolah, atau terlambat sarapan. Karena sebelum semua itu terjadi kita sudah terlebih dahulu siap.

Sore hari menjelang maghrib

Pada waktu ini sebenernya bukan waktu yang cukup cocok untuk belajar jika dilihat dari segi kondusifnya. Karena biasanya pada waktu-waktu ini suasana cukup ramai. Jadi bisa jadi dapat membubarkan konsentrasi saat belajar. Tetapi disisi lain kita sebagai pelajar biasanya memiliki banyak waktu kosong pada saat itu. Jadi daripada cuman bengong dan waktunya terbuang sia-sia atau cuman sekedar main gadged gak jelas mending dibuat belajar aja. Kan ada manfaatnya apalagi yang sekarang udah mau ujian nasional bisa dibuat latihan soal atau memperdalam materi.

Malam hari setelah isyak sampai pukul 22:00

Waktu ini adalah waktu yang umum digunakan oleh seluruh pelajar indonesia untuk belajar. Bukan mainstream tetapi memang pada waktu itu menurut aku adalah waktu yang sangat cocok untuk belajar. Mungkin saja karena pada waktu tersebut banyak anak yang lagi belajar maka energinya akan bersatu dan akan menjadi penyemangat tersendiri. Hehehee “bercanda tapi dibuat serius  jg gak papa”.



1/3 malam terakhir

Kapan sih 1/3 malam terakhir itu? Mungkin sebagian dari kalian bertanya seperti itu. Jadi gini gaes 1/3 malam terakhir itu adalah waktu ketiga dari malam hari. Hoooo??? Masih bingung ya. Oke gini deh gampangnya, misal malam hari itu kita anggap mulai pukul 18:00 – 06:00 nah itu kan ada 12 jam. Jadi kalau 1/3 malam terakhir itu tinggal kita bagi 12/3, maka kita dapat 1/3 malam pertama pukul 18:00 – 22:00. Lalu 1/3 malam kedua pukul 22:00 – 02:00, dan 1/3 malam terakhir pada pukul 02:00 – 06:00. Waktu ini adalah waktu yang benar-benar ampuh kalau kita gunakan untuk be;ajar. Jelas-jelas pada pukul tersebut gak ada kegiatan sama sekali jadi suasananya benar-benar kondusif dan kita bisa lebih fokus saat belajar.

Read more : Manfaatbangun pada 1/3 malam terakhir

Itulah 4 waktu belajar yang tepat menurut saya. Monggo silahkan kalau mau dipraktekkan dijamin gratis dan tidak merugikan.
Jika memang bermanfaat jangan lupa share….
Jika kalian suka jangan lupa like…..
Jika ada kekurangan tolong cantumin command…..

Sekian dari saya semoga bermanfaat. Wassalam Wr. Wb.

No comments:

Post a Comment