Thursday 24 March 2016

Perilaku Orang Tua Berpengaruh Terhadap Anak

10 Perilaku Orang Tua Yang Berpengaruh Terhadap Perkembangan Kepribadian Anak
cara mendidik anak, tips mendidik anak, tips mengajari anak, cara mengajari anak, parenting
Perilaku Orang Tua yang Berpengaruh Terhadap Kepribadian Anak

Tidak baik menunjukkan sikap atau perilaku yang kyrang beik didepna anak-anak kita. Orang tuaa adalah orang pertama yang dijadikan titik acuan oleh anak dalam mereka bergaul, oleh sebab itu tunjukkanlah sikap positif kepada anak-anak kita demi kemajuan sikap positif anak kita. 10 Perilaku Orang Tua Yang Berpengaruh Terhadap Perkembangan Kepribadian Anak.

1. Sering menakut-nakuti, akibat dari sering menakut-nakuti akan suatu hal maka akan berakibat anak kita akan menjadi pribadi yang lemah. Setiap kali dia ingin melagkah mereka takut salah dan takut dimarahi.


2. Tidak pernah memberika semangat, anak kita akan merasa kurang keyakinan karena kita tidak pernah memberikan semangat kepadanya. Oleh sebab itu berikan dukungan dan dorongan kepada anak untuk mengembangkan bakat dan minat nya.

3. Terlalu sering membela walaupun mereka salah. Perbuatan ini sangat wajar dilakukan oleh orang tua yaitu membela anak sendiri tetapi lihat dulu kasusnya, jika memang anak kita yang salah maka sebaiknya berikanlah nasehat yang baik. Akibat dari sering membela akan menjadikan anak kita penakut.

4. Mengabaikan keberadaan anak, hal ii akan membuat anak-anak mudah marah karen akita sebagai porang tua sering mengabaikan keberadaannya. Hal kecil yang biasa kita lakukan yaitu sibuk bermain gadget saat dirumah. Itu adalah contoh kecil perilaku kita yang sebenarnya tidak disukai anak.

5. Jangan menghukum anak dengan hukuman fisik. Jika anak Anda suka menipu itu karena anda senantiasa memberikan hukuman dengan kesakitan disetiap kesalahan yang dia lakukan.

6. Tidak memberikan apa yang dia butuhkan. Cukupilah kebutuhannya agar anak-anak tidak merasa kekurangan. Jika Anda tidak memberikan apa yang di butuhkan bisa jadi mereka akan menjadi suka mencuri.

7. Jangan memberikan contoh tidak baik. Menunjukkan suatu hal atau perbuatan ganas kepada anak-anak akan berakibat anak kita suka membully orang lain.

8. Berikan perhatian kepadanya. Kurangnya perhatian kepada anak bisa berakibat anak-anak mudah cemburu.

9. Tidak pernah mengajarkan berbagi. Salah satu cara memberikan contoh yang baik untuk anak adalah menjadi sosok yang dermawan. Dermawan adalah sikap yang menunjukkan dimana berbagi itu indah. Jika anda tidak pernah menunjukkan sikap suka berbagi kepada anak maka anakmu akan Pelit.

10. Kurang komuikasi. Lakukanlah komunikasi yang harmonis dengan anak agar anak kita tidak menjadi sosok yang pendiam.

10 hal diatas bisa menjadi bahan pelajaran untuk kita pribadi agar kita bisa menjadi sosok orang tua yang bisa dijadikan suri tauladan yang baik oleh anak-anak kita. 

No comments:

Post a Comment