Monday 22 February 2016

Tips Menghadapi Ujian Nasional 2016

Tips Menghadapi Ujian Nasional 2016

Assalamualaikum teman-teman sobat pengajar dan pelajar dimanapun anda berada. Berjumpa lagi dengan saya disini. Nah pada artikel kali ini saya akan memberikan beberapa tips untuk Anda yang akan mengikuti ujian nasional. Menurut kabar yang beredar, nilai kalian nanti juga akan dipertimbangkan untuk mendaftar ke perguruan tinggi “khusus kalian yang sudah masuk di jenjang SMA. Maka dari itu agar kalian bisa masuk ke perguruan tinggi favorit yang ada di Indonesia ini ataupun perguruan tinggi yang sesuai dengan pilihan maka kalian harus mempersiapkannya mulai dari sekarang. Beberapa cara yang dapat kitalakukan untuk mempersiapkan diri menghadpi ujian nasional adalah sebagai berikut.

1.  Belajar yang rajin
Ujin nasional adalah ujian negara yang diselenggarakan oleh pemerintah. Ujian ini mengujikan hanya beberapa mata pelajaran saja. Sebelum mengikuti ujia nasional tentunya kalian harus belajar yang rajin dan giat. Jika sebelumnya kita hanya belajar saat ada tugas dari sekolahan saja maka untuk saat ini kita harus lebih aware lagi. Tidak perlu menunggu di marahin dulu sama mami tetapi kita harus sadar dari diri kita sendiri. Jika itu adalah waktu terbaik untuk belajar maka sepatutnya kita belajar. Menurut pengalaman saya pribadi waktu yang enak untuk belajar adalah saat pagi hari sebelum atau setelah subuh, dan malam hari setelah maghrib.

2.   Disiplin
Kita harus bisa lebih disiplin lagi dengan cara membuat target pribadi. Sebagai contoh begini besok kita ingin belajar mata pelajaran matematika. Nah pada saat kita belajar tersebut kita harus mengerjakan soal sebanyak 10 soal “minimal” dan itu harus dan wajib hukumnya kita kerjakan. Jadi dengan sendirinya kita akan terlatih untuk disiplin. Dan kembali ke tips nomor 1 kita harus belajar tepat waktu. Lalu mungkin ada pertanyaan dari temen-temen sobat pelajar disini. Misalkan pertanyaannya seperti ini “ kak aku sudah membuat target tetapi pada target tersebut ada salah satu soal yang tidak bisa aku kerjakan. Itu bagaimana solusinya? Okee pertanyaan yang sangat luar biasa. Tetapi jawabanya bukan di tips nomor 2 ini. Yuk kita lanjut ke tips berikutnya. J J J .

3.   Ikut bimbel
Temen-temen, sekarang sudah bayak sekali bimbingan belajar yang dapat kita ikuti agar kita bisa lebih meningkatkan kualitas belajar kita. Kita perlu mengikuti kelas bimbel agar jika ada masalah seperti pada tips nomor 2 diatas maka masalah tersebut akat cepat teratasi.

4.  Belajar kelompok
Jika temen-temen tidak mau ikut ketiga program bimbingan belajar seperti yang sudah dijelaskan diatas maka temen-temen bisa membuat kelompok belajar bareng temen-temen disekolah. Waktu dan tempatnyapun cukup fleksibel, bisa pas setelah pulang sekolah, pas malem setelah ngaji, atau bahkan pas waktu hangout. Utuk tempatnya pun juga fleksible bisa gantian disalah satu teman kelompok, ditaman, dicafe sambil ngopi, atau dimanapun asal kondusif untuk belajar. Keunggulan dari belajar kelompok ini kita bisa saling share satu sama lain dan bisa menjadi pengajar yang baik untuk teman-teman kita sendiri.

5. Perbanyak latihan soal
Salah satu sara belajar yang ampuh menurut saya yaitu perbanyak latihan soal. Dengan memperbayak latihan soal maka perbendaharaan kemampua kita untuk mengerjakan soal akan meningkat. Dengan cara ini kita tidak akan shock atau kaget jika kita menjumpai jenis soal yang berbeda dengan soal yang diberikan oleh guru di sekolahan. Jika temen temen butuh referensi soal-soal ujian nasional temen-temen bisa klik link berikut ini Soal UN Terdapat beberapa kumpulan soal mulai dari soal SD, SMP, dan SMA.

6. Get the Relax
Nah jika semua persiapan telah kita lalui dan kita persiapkan dengan matang-matang, maka saat menjelang ujian tiba kita tidak perlu belajar yang terlalu berat. Kita cukup mereview apasaja yang telah kita pelajari sebelum-sebelumnya.

7.  Doa dan restu orang tua
Tips ke tujuh ini tidak kalah pentingnya, bahkan menurut saya ini adalah salah satu tips mujarab yang bisa teman-teman lakukan agar kita dipermudah dan diperlancar saaat sebelum sampai setelah ujian. Yang pertama adalah doa untuk yang muslim kita perlu berdoa kepada Allah SWT agar apa yang kita inginkan dapat terkabul. Doa ini dapat kita lakukan setelah sholat wajib atau alangkah lebih baiknya doa ini kita panjatkan saat waktu tahajud atau dhuha. Dan yang kedua restu orang tua. restu orang tua sangat kita perlukan karena ada yang bilang restu orang tua adalah restu Tuhan. Jadi agar doa kita direstui oleh Tuhan kita maka yang pertama-tama kita harus mendapatkan restu dari orang tua.


Yaps, mungkin itu saja beberapa tips untuk para sobat pelajar  yang akan mengikuti Ujian Nasional, semoga artikel ini bermanfaat dan saya berdoa untuk kalian semua agar bisa mendapatkan nilai yag bagus dengan rata-rata 9 atau 10 dan juga bisa masuk kejenjang yang lebih tinggi lagi sesuai dengan apa yang dicita-citakan. Sekian dari saya Wassalamualaikum wr. Wb.

No comments:

Post a Comment